Pemilihan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Bakalan Molor


Panitia Pansus, Calon Wakil  Gubernur Sumatera Utara, Syah Afandi Politisi PAN
Suaraindependen, Jakarta- Pengisian slot Wakil Gubernur Sumatera Utara sisa masa jabatan 2013-2018 diperkirakan bakal molor dari jadwal yang sebelumnya telah direncanakan oleh Panitia Khusus (Pansus) Calon Wakil Gubernur Sumut.

Sebelumnya, Pansus merencanakan Wakil Gubernur Sumut telah terpilih pada Jumat (28/9/2016) mendatang.

Terdapat beberapa alasan yang disinyalir menjadi penyebab jadwal pengisian tersebut akan molor. Satu di antaranya adalah kebijakan Kementerian Dalam Negeri untuk mengevaluasi tata tertib pemilihan calon Wakil Gubernur Sumut.

Terundurnya rencana tersebut dibenarkan Ketua Pansus Calon Wakil Gubernur Sumut, Syah Afandi Politisi  (PAN) ini memperkirakan tahap pemilihan akan dilakukan pada Senin (3/10/2016) bulan depan. Meski demikian, Afandin belum dapat memastikan hal tersebut.

"Mendagri minta tata tertib dari DPRD Sumut itu dievaluasi. Jadi memang sepertinya akan diundur sampai tanggal tiga bulan depan," kata Afandin kepada Suara independen, Jumat (16/9/2016).

Hingga kini, Afandin mengatakan bahwa Gubernur Sumut, belum menyerahkan dua nama calon wakilnya kepada DPRD Sumut. Padahal Partai Hanura dan PKS telah menyampaikan usulan calonnya tersebut sejak beberapa waktu lalu.
"Belum ada masuk ke DPRD Sumut,"tutupnya

Jurnalis: Citia Ramona
Editor: Suharno