Ada Orang yang Lebih Kaya dari Raja Salman di Arab Saudi

Foto: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Publik Indonesia sedang dihebohkan dengan kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. Raja yang kaya raya itu sudah biasa bepergian dengan gaya mewah.

Wajar saja, sebab kekayaan sang raja ini mencapai ratusan triliun. Meski termasuk orang yang kaya raya, tapi Raja Salman bukan orang terkaya di Arab Saudi.

Lalu siapa orang terkaya di Arab Saudi yang kekayaannya melebihi Raja Salman? Orang itu adalah keponakan sang raja, yaitu Pangeran Al-Waleed bin Talal. 

Seperti dikutip dari Forbes, Jumat (24/2/2017), pangeran paling gaul di Arab Saudi ini punya harta US$ 18,4 miliar atau sekitar Rp 244 triliun (kurs Rp 13.300/dolar AS). 

Kenapa paling gaul? Al-Waleed paling getol berinvestasi di luar Arab Saudi dan di perusahaan-perusahaan terkini seperti Citigroup, Hotel Four Season, hingga Twitter. 

Ia merupakan komisaris utama dari Kingdom Holding Company yang merupakan perusahaan investasi dengan portofolio dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat (AS), dan Eropa.

Sebanyak 95% saham Kingdom Holding Company dipegang Al-Waleed, sementara 5% sisanya dijual ke publik Arab Saudi.

Pria kelahiran 7 Maret 1955 ini juga sudah jadi langganan di daftar 100 Orang Terkaya Dunia versi Forbes yang dirilis setahun sekali.

Pada 22 Mei 2016 lalu, Al-Waleed sempat datang ke Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu poin penting dari pertemuan tersebut adalah Al-Waleed ingin meningkatkan investasinya di Indonesia.


Jumat, 24 Februari 2017
Jurnalis: Suharno
Editor: Indah Wahyuni