Tempat Prostitusi Kalijodo Di Sulap Jadi Indah

Foto: Kawasan KaliJodo
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Lokasi prostitusi kalijodo kini telah disulap menjadi tempat yang bersih dan indah serta berganti wajah menjadi wahana rekreasi untuk kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Kawasan yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dan sebagian lain di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat kini sudah tidak seperti dulu lagi.

Di dalam kawasan tersebut, dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo yang diresmikan pada 22 Februari 2017.

Di RPTRA tersebut terdapat lapangan olahraga futsal, jalur sepeda BMX, skateboard, jogging track dan pusat jajanan, serta fasilitas permainan untuk anak-anak.

Akibatnya, kawasan tersebut selalu ramai oleh para pengunjung khususnya warga Jakarta.

Guna melengkapi sarana bermain anak-anak di RPTRA tersebut, ada sesosok pria yang peduli untuk menyediakan sarana bermain yang ramah bagi anak-anak.

Arie Aripin mengatakan, momentum menjadikan RPTRA Kalijodo untuk peduli menjadi tempat rekreasi yang murah meriah bagi keluarga dan tempat yang nyaman bermain bagi anak-anak.

“Semoga RPTRA Kalijodo yang ada di DKI Jakarta, bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk menyediakan sarana RPTRA dan RTH yang ramah untuk anak bermain,” kata Arie di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Managing Director PT. Pro Lansekap Indonesia itu menambahkan, ketika melihat kondisi dilapangan, ada beberapa hal yang perlu ditambah. Misalnya saat anak-anak bermain kepanasan atau hujan, perlu ditambah fasilitas membrane untuk menghindari panas terik dan hujan.

“Melihat kondisi ramainya pengungjung RPTRA Kalijodo saat liburan dan weekend, seharusnya ada pihak-pihak terkait yang peduli dan mengungjungi tempat bermain ramah anak dilingkungan Kalijodo. RPTRA Kalijodo sebaiknya mengundang sahabat anak seperti Kak Seto, Kementerian Pendidikan atau Kementerian Sosial untuk memberikan pendidikan, motivasi atau inspirasi,” ujarnya.

Menurutnya, anak-anak harus mendapat perhatian yang terbaik, karena kita semua harus menjadi sahabat anak. Bangsa dan Negara harus melindungi anak-anak, sehingga terhindar dari pelaku pedofilia.

Selain itu, Arie juga berharap dengan sarana dan fasilitas bermain yang tersedia di RPTRA Kalijodo, dapat mendidik.



Kamis, 30 Maret 2017
Jurnalis: Suharno
Editor: M Tarmizi