Begini Visi Anies Soal Pendidikan Muatan Lokal Betawi

SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji akan memberikan pendidikan budaya lokal melalui kegiatan di perkampungan warga. Anies melihat pendidikan muatan lokal di Jakarta sangatlah berbhineka. 

"Justru ketika melihat muatan lokal di Jakarta ini sangat bhineka. Ada komponen Betawi dan ada juga komponen nusantara karena inilah nusantara," ujar Anies di kediamannya di Jalan Lebak Bulus Dalam II, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (4/3/2017).

Pendidikan budaya lokal bukan saja di pada kegiatan intra dan ekstra kurikuler, serta kegiatan lingkungan yang ada di sekolah. "Kenapa, kita menginginkan ada festival olahraga, festival seni di kampung-kampung supaya budaya itu tumbuh berkembang di tingkat lingkungan," jelas Anies.

Anies memandang budaya lahir dari kebiasaan. Pihaknya hendak membangun kebiasaan ini dari kegiatan warga di kampung-kampung.

"Kebiasaan di kampung untuk berkegiatan seni, olahraga, itu nanti Insya Allah bisa menghidupkan muatan lokal di Jakarta," sebut Anies.

Terkait pendidikan muatan lokal di Jakarta, Anies memandang pemahaman budaya Betawi berbeda porsinya di setiap tempat. Pihaknya juga akan memberikan kepercayaan kepada para guru untuk mengelola pendidikan muatan lokal.

"Jangan sampai menyusun kebijakan simetrik di semua tempat. Saya percaya bahwa guru kita, kepala sekolah, orang tua, begitu dikasih kesempatan mengelola atau mengatur, mereka muncul dengan terobosan-terobosan," jelas Anies.

"Saya pernah alami itu di Dikbud, berikan kepercayaan, mereka akan kerjakan. Kebanyakan itu nggak dikasih kepercayaan, semua diatur pemerintah pusat. Jadi prinsipnya yang penting saya melaksanakan, tapi begitu diberi kepercayaan pada anak-anak kebiasaan positif, tumbuhkan budaya yang berakar di kita itu pasti," sambungnya.



Selasa, 4 April 2017
Jurnalis: Hamzah
Editor: Budi