Istana Kepresidenan RI Jelaskan Maksud Jokowi Pakai Jins dan Sneakers Saat Kunker

Foto: Presiden Jokowi
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Penampilan Presiden Joko Widodo saat berangkat kunjungan kerja ke Tasikmalaya di Pangkalan TNI AU Halimperdanakusuma Jakarta pada Jumat (9/6/2017). 


Presiden Joko Widodo tampil beda saat kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jumat (9/6/2017) pagi.

Penampilan Kepala Negara terlihat kasual karena mengenakan kemeja putih lengan panjang dipadu celana jins dan sepatu sneakers Nike.

Padahal, biasanya Jokowi menggunakan celana bahan dan sepatu pantofel.

Apa yang ingin ditunjukkan Jokowi dengan penampilan barunya itu?

Pihak Istana Kepresidenan RI melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, dengan penampilannya itu, Presiden Jokowi ingin menunjukkan bahwa ia bisa bekerja tanpa harus tersekat masalah formalitas dan protokoler.

"Artinya beliau tidak terikat oleh norma yang selama ini ada bahwa presiden itu harus 'angker'," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat siang.

Presiden Joko Widodo saat membagi-bagikan paket sembako di Cihideung, Tasikmalaya, Jumat (9/6/2017). (Fabian Januarius Kuwado)

Pramono mengatakan, bukan sekali ini saja Jokowi tampil beda dan kasual.

Misalnya, pada saat melihat latihan TNI di Natuna beberapa waktu lalu, Jokowi juga mengenakan celana jins.

Pakaian Jokowi disesuaikan dengan aktivitas dan pekerjaan yang akan dilakukan.

"Dan pada hari ini karena pagi dimulai dengan acara untuk pembagian makanan tambahan, pembagian sertifikasi, baru kemudian nanti sore sampai dengan buka puasa di pondok pesantren," ucap Pramono.