Formasu Jabodetabek Siap Kawal Pilkada Sumut



SUARA INDEPENDEN. COM, BOGOR- Forum Mahasiswa Sumatera Utara (Formasu) di Jakarta dan sekitarnya siap mengawal Pilkada Sumatera Utara agar berlangsung bersih dan jujur. Selain itu, Formasu akan berperan aktif memberikan pemikiran secara konstruktif untuk pembangunan Sumatera Utara.


“Penting memahami politik agar generasi muda dapat mengawal terselenggaranya Pilkada 2018. Pemahaman terhadap politik yang baik dapat menghindarkan diri dari kegalauan demokrasi,” kata Ketua Dewan Perwakilan Organisasi (DPO) Formasu, Ginanda Siregar dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/1).


Ia berpendapat, Sumatera Utara membutuhkan pemimpin yang memiliki disiplin tinggi, berdedikasi dan bersih. “Yang kita butuhkan adalah sosok pemimpin bukan penguasa," lanjut Ginanda.

Mahasiswa sebagai bagian dari warga masyarakat, lanjut dia, mempunyai peran strategis dalam pemerataan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat lokal. Namun, masih belum menyadari akan tanggung jawabnya sebagai duta masyarakat dalam hal transformasi pola pikir kepada daerahnya.

“Khususnya organisasi mahasiswa kedaerahan secara institusional sebagai wadah mahasiswa dalam hal memfasilitasi peran mereka tersebut," tutup mahasiswa Pascarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.


Seperti diketahui, Formasu Jabodetabek menggelar Family Gathering dan Rapat Kerja (Raker) organisasi, Dengan mengambil Tema, 'Optimalisasi peran dan Fungsi Mahasiswa yang Berani, Kreatif, Jayakan Sumatera Utara', agenda tahunan itu akan membahas sejumlah agenda penting yang berlangsung 19- 21 Januari 2018 di Puncak, Bogor . Family Gatheringdan Rapat kerja Formasu Jakarta peserta dihadiri lebih 200 Mahasiswa asal Sumatera Utara.

"Fokus yang kami bahas agenda Eksternal dan agenda Internal," kata Ginanda. Salah satu isu internal yang hendak dibahas di antaranya upaya menaikan kapasitas pengurus, sedangkan isu eksternal upaya mengawal Pilkada Sumut.

"Saya berpesan kepada seluruh pengurus supaya bisa menjaga komitmen dalam menjalankan tanggung jawab selama satu tahun kepengurusan," tegas Pendiri Formasu Jakarta ini.

Menurut dia, kedepan seluruh anggota harus bahu membahu untuk memajukan Formasu Jakarta. “Saya minta kepada pengurus harus berani kritis terhadap pemerintahan Sumatera Utara," ujar Ginanda.








Rabu, 24 Januari 2018
Jurnalis: Rizki
Editor: M. Rifai