Demokrat Tak Ingin Muncul Calon Tunggal di Pilpres 2019




SUARA INDEPENDEN. COM- Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyebut keberadaan calon tunggal di negara demokrasi seperti Indonesia adalah sebuah kemunduran. Partai Demokrat pun mengantisipasi munculnya calon tunggal di Pilpres 2019.

"Calon tunggal adalah kemunduran dalam demokrasi. Calon tunggal itu kita mundur jauh sekali ke belakang," kata Hinca kepada wartawan di kawasan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, Minggu (8/4/2018) malam.

Menurutnya, di negara demokrasi seperti Indonesia justru yang dibutuhkan adalah banyaknya pilihan calon di pilpres. Harapannya, rakyat bebas memilih dan menentukan calon sesuai kehendaknya.

"Pilihan-pilihan yang banyak tentang pemimpin itu akan jauh lebih baik, sehingga masyarakat punya pilihan lebih banyak," sebutnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Hinca juga mengomentari #2019GantiPresiden. Baginya, tagar seperti itu adalah hal yang biasa terutama menjelang pilpres seperti sekarang ini.

"Demokrat itu membaca gerakan atau kampanye tagar #2019GantiPresiden itu biasa saja. Bagi yang mau mengganti presiden 2019 tentu itu tagarnya. Tapi bagi yang ingin meneruskan dia akan bilang 2 periode, itu sah-sah saja," ungkapnya.

Saat ditanya posisi Demokrat apakah akan mengusung Jokowi atau mengusung calon lain di pilpres 2019 Hinca tidak tegas menjawab. Dia hanya mengatakan partainya sedang bekerja, dan sedang menyiapkan kadernya, AHY, menjajaki kemungkinan maju baik sebagai capres maupun cawapres.

"Demokrat mempersiapkan Mas AHY, besok pagi akan masuk ke Yogya. Beliau salah satu putra terbaik yang ada di Demokrat. Sekarang (AHY) terus bekerja keras keliling Nusantara, tour ke Jawa Timur sebelumnya tour Jawa Barat, sekarang tour ke Yogyakarta," tutupnya.




Senin, 9 April 2018.
Jurnalis: Arman
Editor: Imron