Abdul Razak Nasution: Ajak Mahasiswa Baru UMN Al Washliyah Bergabung Ke HIMMAH


SUARA INDEPENDEN.COM- Dalam fase perubahan dari siswa menjadi mahasiswa, anak muda mempunyai tiga peranan penting, yakni agent of change, agent of sosial control dan agent of ideas.


Demikian disampaikan oleh Abdul Razak Nasution selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (HIMMAH) Sumatera Utara, pada Perkenalan Kehidupan Kampus kepada Mahasiswa Baru UMN Alwashliyah Medan, Jum'at, (14/9/2018).


"Selamat. Kalian telah memasuki babak baru, fase perubahan. Agent of change, agen perubahan. Agent of sosial control. Dimana sebagai kontrol sosial, mahasiswa harus di garda terdepan dalam menyampaikan aspirasi-aspirasi mahasiswa, aspirasi masyarakat dan aspirasi ummat, dan mengontrol pemerintah dan memberikan formulasi ke pemerintahan," tutur Razak di hadapan 1.200 mahasiswa baru UMN Al Washliyah ini.



"Selanjutnya, sebagai agent of ideas, mahasiswa itu harus memilik ide-ide brilian, ide-ide cerdas, ide-ide cemerlang dan solusi yang solutif. Untuk bisa seperti itu harus memiliki SDM serta wawasan dan keilmuan yang cukup," tambah Razak.


"Kalian berbeda karena telah mendapatkan babak baru kesempatan belajar dari siswa lainnya, jadi jangan sia-siakan waktu dan kesempatan emas ini," tegasnya. 


Razak mengemukakan, bahwa mahasiswa jangan hanya belajar di dalam kelas. "Belajarlah di organisasi-organisasi ekstra seperti HIMMAH, Alwashliyah, UKK dan UKM lainnya. Jadilah pemimpin Indonesia! Untuk menjadi pemimpin itu harus berbuat lebih, melakukan lebih, dan melakukan hal- hal lebih yang tidak dilakukan oleh orang biasa. Baik itu belajar lebih, bersilaturahmi lebih dan loyalitas lebih untuk mendapatkan lebih," jelasnya.


Razak berharap, generasi muda harus menjadi pemimpin, minimal alumni UMN ke depan harus melahirkan kepala-kepala daerah muda di Sumatera Utara. "Seperti Kepala Daerah Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang baru berusia 33 tahun sebagai Bupati, atau Walikota Tanjungbalai M. Syahrial S. H, MH yang menjadi Kepala Daerah di usia 28 Tahun," tukas Razak.







Sabtu, 15 September 2018
Jurnalis: Rifki
Editor: Ahman