Refleksi 90 tahun Sumpah Pemuda : Cipayung Plus Kota Medan ajak Pemuda Untuk Bersatu Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia




SUARA INDPEPENDEN. COM- Kelompok Cipayung Plus Kota Medan (GMNI,PMII,PMKRI,HIMMAH dan IMM) mengadakan diskusi refleksi 90 tahun Sumpah Pemuda di warung community, Jln. SM. Raja, Minggu, 28 Oktober, 2018.


Dalam diskusi yang bertema "Peran Pemuda Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia" ini, terdapat 4 orang narasumber, yakni : Maman Silaban (GMNI), Ahmad Bayu Nugroho (IMM), Ali Rahman Sihombing (PMII), Ilham Munthe (HIMMAH).


Ketua DPC GMNI Medan, Maman Silaban menyampaikan bahwasannya kemerdekaan negara ini merupakan kerja keras semua anak bangsa, tidak hanya perjuangan sekelompok orang saja.


"Historis mencatat Jong batak, Jong Ambon, Jong Selebes, Jong Java, dan kelompok pemuda lainnya berkumpul 90 tahun yang lalu untuk mengikrarkan persatuan dan kesatuan atas nama Indonesia. Jadi sudah seharusnya kita merawat semangat persatuan pemuda terdahulu". tutupnya.





Dilanjutkan dengan Ketua IMM Medan, Ahmad Bayu Nugroho, IMM menganggap Indonesia sebagai negara Pancasila yang merupakan Darul Ahdi Wasy Syahadah, yaitu  negara perjanjian dan kesaksian yang dilahirkan atas dasar konsensus bersama seluruh elemen bangsa Indonesia. Oleh karena itu Persatuan bangsa Indonesia harus tetap dijaga sebagai bentuk menunaikan amanah para pendiri bangsa ini.


Lalu, Ketua PMII Medan, Ali Rahman mengatakan, Negara kita saat ini berada dititik yg sangat mengerikan, karena kita melihat bahwa persatuan dan kesatuan negara kita sedang di grogoti oleh sekelompok orang yg menginginkan negara ini menjadi kacau balau. Beliau juga berpesan agar agar paham2 yg melenceng dari idiologi pancasila harus di perangi bersama, jika itu ingin merusak NKRI.


Ketua PMKRI Medan, Ambrin Simbolon menyampaikan agar para pemuda menjaga persatuan bangsa dan jangan mau di adu domba dengan memunculkan sentimen SARA serta jangan terprovokasi dengan Hoax.


Ditutup Ilham Munthe, Ketua HIMMAH Medan, melalui refleksi 90 tahun sumpah pemuda ini Mari Kita saling menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama pemuda dan mahasiswa demi kokohnya NKRI, kalau bukan kita siapa lagi, kitalah yang harus lebih berperan aktif selaku insan yang akedemis, intelektual generasi emas bangsa ini.


Kita jadikan perbedaan organisasi Kita ini yang tergabung di cipayung plus kota medan menjadi pemersatu kaum muda Di Kota Medan Sumatera Utara khususnya Dan Indonesian umumnya.



Senin,  29 Oktober 2018.
Jurnalis: Ardi S
Editor: Salman