Ahok Janjikan Rp 2 M untuk Semua Komunitas Pembuat Film di DKI

SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Calon gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ingin memajukan perfilman di Jakarta. Bila terpilih di Pilgub DKI 2017, dia berjanji akan memberikan bantuan Rp 50 juta untuk tiap-tiap komunitas pembuat film.

Pertama, Ahok ingin membangun bioskop mini di dalam pasar. Nantinya bioskop tersebut hanya akan memutarkan film Indonesia dan tiketnya akan dijual dengan sangat murah. 

Dia mengatakan rencana tersebut diutarakan olehnya karena ingin Jakarta menjadi pusat perfilman nasional. Dia juga mengatakan akan mempermudah bila ada orang yang akan membuat film di Jakarta.

"Jakarta saya harapkan jadi pusat perfilman. Orang juga kalau mau bikin film di Jakarta akan kita permudah," kata Ahok usai menghadiri acara bedah buku di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2017).

Kedua, Ahok akan memberikan bantuan bagi komunitas dan mahasiswa yang akan membuat film. Tidak tanggung-tanggung, dana Rp 50 juta disiapkan untuk mereka yang mau membuat film.

"Untuk komunitas-komunitas film pendek, film indie, dan mahasiswa-mahasiswa akan kita beri modal Rp 50 juta untuk bikin film. Bayangin kalau kita sediakan Rp 2 miliar" papar Ahok.

Sebelumnya, Ahok akan membangun bioskop kecil di dalam pasar. Ahok mengatakan nantinya bioskop tersebut akan dikelola oleh PD Pasar Jaya. Alasan Ahok ingin membangun bioskop tersebut karena merasa tiket bioskop di salah satu bioskop ternama terlalu mahal.

"Kalau nonton di XXI kan mahal, bisa Rp 25 ribu. Itu mahal. Makanya nanti saya suruh PD Pasar Jaya buat bioskop-bioskop kecil di dalam pasar," kata Ahok.


Jumat, 20 Februari 2017
Jurnalis: Suharno
Editor: Indah Wahyuni