Tim Rano-Embay Akan Laporkan Ketua KPUD Kota Tangerang ke DKPP

Foto: Tim pemenang Rano- bay Mulia Syarif
SUARA INDEPENDEN.COM, BANTEN- Tim pemenangan Rano Karno-Embay Mulia Syarif berencana melaporkan Ketua KPUD Kota Tangerang, Sanusi Pane ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Mereka menilai Sanusi bersikap partisan dalan Pilgub Banten 2017.

Tudingan itu didasarkan pada foto Sanusi yang memegang gambar salah satu cagub Banten di Facebook-nya. Timses Rano-Embay mempertanyakan hal itu. 

"Ketua KPU kota Tangerang besok pagi saya akan DKPP-kan, supaya diuji netralitas maksud dan tujuan (berfoto dengan atribut paslon 1)," kata Ketua Tim Kuasa Hukum PDIP, Sirra Prayuna, dalam konferensi pers di Jl Pulau Dewa, Tangerang, Jumat (17/2/2017).

"Ini sudah melanggar sebagai penyelenggara pemilu, di mana asas-asas pemilu penyelenggara adalah harus nonpartisan, independen, profesional, imparsialitas, dia memiliki kepastian dalam tindakan," sambungnya.

Sirra mengatakan foto di akun Facebook itu bisa memberikan dampak pada pemilih. Dia menilai hal tersebut akan mengarah orang untuk memilih calon tertentu.

"Seorang komisioner, Ketua KPU tidak boleh menunjukkan satu sikap partisannya mendukung salah satu pasangan calon. Simbol seperti ini memberikan satu dampak mengarahkan pemilih untuk mencoblos mendukung salah satu pasangan calon," imbuh Dia.

Selain itu, Sirra juga mengkhawatirkan sikap anggota KPUD Kota Tangerang akan terpengaruh pada tindakan Sanusi tersebut.

"Kalau ketua KPU saja sudah seperti ini, maka turunannya jadi berbahaya. Suasana kebatinannya sudah memihak, tidak independen," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Kota Tangerang, Sanusi Pane mengatakan bahwa foto yang ada di Facebook tersebut adalah foto lama yang diambil pada 2011 silam. Sanusi menegaskan dia netral selama gelaran Pilkada Banten.

"Sejak saya sudah di KPU, saya kan harus berintegritas dan netral," ucap Sanusi ketika dihubungi terpisah. 


Jumat, 17 Februari 2017
Jurnalis: Suharno
Editor: Ginanda