Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama Di Hut HIMMAH 58 Tahun



SUARA INDEPENDEN. COM, MEDAN-  Dalam rangka memperingati HARLAH HIMMAH yang ke 58 tahun KeKomisariat HIMMAH Se UNIVA Medan menggelar Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama di Aula UNIVA Medan tutur Ust Bkhori Al Hafiz selaku ketua bidang ke agamaan PC HIMMAH Medan (30/11/2017).


Dihadiri Lansung oleh ketua umum pimpinan cabang HIMMAH Kota Medan "Ilham Fauji Munthe" beserta jajarannya, Rektor UNIVA Medan yang terpilih, Warek III bidang kemahasiswaan, Dekan Hukum Abangda Ismed Batubara yang pernah menjabat ketum PCHIMMAH medan, Seniorer HIMMAH UNIVA juga Mantan Ketua PC HIMMAH Medan Abangda Nursam sekaligus penceramah dalam pada kegiatan ini.


Alhamdulillah semua komisariat hadir dalam kegitan ini dan para kader himmah se kota medan dan juga mahasiswa UNIVA Medan.

Foto: Ketua PC HIMMAH Medan, Ilham Fauji Munthe. 

Ilham Fauji Munthe dalam sambutannya kita sebagai kader harus mengingat sejarah. Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (HIMMAH) merupakan organisasi bagian yang lahir dan tumbuh dari induk organisasi Al-Jami’iyatul Washliyah (Al-Washliyah). Dalam perjalanannya, Al-Washliyah telah memiliki posisi yang baik sebagai organisasi masyarakat Islam yang juga tumbuh dan berkembang sebagai organisasi dakwah.


Dibentuknya HIMMAH sebagai organisasi bagian Al-Washliyah, berangkat dari kesadaran bahwa Al-Washliyah membutuhkan kader-kader muda yang memiliki kualitas intelektual dari kalangan mahasiwa guna mencapai target dakwah yang sesuai dengan tuntunan zaman.


HIMMAH didirikan pada tanggal 30 November 1959 dengan beberapa dasar sejarah, yaitu: pertama, adanya ide (gagasan) pembangunan Universitas Al-Washliyah (UNIVA) pada tahun 1955 oleh Pengurus Besar Al-Jam’iyatul Washliyah.Kedua, adanya keputusan dari Kongres Gerakan Pemuda Al-Washliyah (GPA) ke VI/VII. Adapun kongres ini diselenggarakan pada 10 hingga 14 Maret 1956 di Jakarta. Salah satu keputusannya adalah membangun Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah disingkat dengan HIMMAH.Ketiga, berdirinya UNIVA pada 18 Mei 1958.HIMMAH sebagai organisasi bagian Al-Washliyah kini telah tumbuh dan berkembang hampir mencapai usia setengah abad lamanya.


HIMMAH sebagai organisasi intelektual berbasis mahasiswa juga telah mengukir sejarah dengan terlibat langsung pada perjuangan pergerakan nasional Indonesia. Sebagaimana disebutkan para ilmuan, bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan dalam sebuah masyarakat, maka berdasarkan ungkapan ini, HIMMAH di Indonesia juga memiliki peran penting dalam rangka menciptakan perubahan masyarakat melalui dakwah ke arah yang lebih baik.


intinya Kader kader HIMMAH haruslah berkualitas agar cita cita pendahulu tercapai. ungkap ilham (30/11/2017).


Rektor UNIVA Medan dalam sambutannya sangat berapi api semangatnya, beliau mengatakan HIMMAH Garda  Terdepan yang dapat membangkitkan UNIVA. HIMMAH Garda Terdepan yang dapat mengembangkan Organisasi Al Jami'atul Washliyah kedepan, karena kader HIMMAH adalah kader generasi Al Washliyah, generasi bangsa dan negara, kader HIMMAH juga kader yang berintelektual, kader yang sudah terlatih baik pemikiran maupun lapangan.

selesai kata kata sambutan dilanjutkan potong tumpeng bersama lalu Tausyiah yang dibawakan Al Ust. Nursam Ashmakandi. hingga ditutup dengan dzikir dan do'a oleh ust bkhori al hafiz. (30/11/2017).




Minggu, 3 Desember 2017
Jurnalis: Hamzah
Editor: Rizki Ardiansyah