Merubah Nasib Menjadi Lebih Baik

Foto: Gerardin Ferrari
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Banyak orang malas yang menjadikan takdir sebagai dalih atas kemalasannya. Padahal, takdir itu bisa diubah. Memang, tidak semua takdir bisa diubah. Misalnya, jika kita ditakdirkan sebagai seorang laki-laki, tidak bisa diubah menjadi seorang perempuan.

Kita memang tidak bisa mengubah takdir yang sudah terjadi sebab waktu memang diciptakan tidak bisa mundur. Yang dimaksud mengubah takdir disini ialah mengubah takdir dimasa mendatang.

Lalu bagaimana cara kita mengubah takdir? Cara yang benar dan tepat, tentu saja harus bersumber dari Pembuat takdir yang tiada lain Allah SWT melalui Al Quran dan Hadits Nabi saw.

Bagi Anda yang belum tahu, bahwa takdir bisa diubah, silahkan simak hadist berikut:

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim).

Jika Anda ditakdirkan lahir dari keluarga miskin, itu memang tidak bisa diubah. Masa lalu sampai saat ini miskin, itu pun tidak bisa diubah. Namun, Anda bisa menolak takdir menjadi orang miskin terus dengan do’a.

Pada dasarnya Masa depan setiap orang bisa di rubah, dengan melakukan beberapa cara mudah! dengan hasil akhir, mendekati seperti apa yang kita inginkan! memang untuk sebagian orang tidak mudah untuk melakukannya, akan tetapi jika kita menerapkan cara tersebut, akan ada perubahan signifkan yang akan kita dapatkan! berikut di bawah ini adalah 9 cara merubah keadaan untuk menuju kebaikan diri kita sendiri

1-Berhenti berharap bahwa keadaan akan Berubah!

Umur Manusia berubah, benda berubah seiring waktu dan masa ! tapi satu yang pasti nasib kita tidak akan berubah jika kita hanya berharap! ada sesuatu hal yang harus kita pahami, bahwa kenyataan dengan harapan sama seperti langit dan bumi! kita boleh boleh saja bermimpi bahwa keadaan akan berubah! tapi jika kita tidak mulai dari sekarang, 5 tahun kemudian! kita akan sadar bahwa keadaan tidak akan pernah berubah jika kita tidak memulai dari kita sendiri, saat ini juga! 

2-Bangun dari penyesalan, ketimbang meratapi!

Setiap orang pasti punya masa lalu, dan terkadang kita melakukan kesalahan yang fatal! yang bahkan sampai saat ini, kita masih menyesali dan meratapi kesalahan tersebut! mulai saat ini berhenti untuk menyesali hal tersebut, dan mulai bangkit! masa lalu sudah tertulis, dan mustahil bagi anda untuk mengubah hal tersebut! apa yang anda miliki saat ini adalah masa depan..

3-Belajar Setiap hari !

Untuk mempelajari sesuatu, anda tidak perlu duduk di bangku sekolah atau perkuliahan! anda bisa belajar dari teman, keluarga, atau bahkan pesaing bisnis anda! atau bahkan blog jelek ini :D, dengan tidak berhenti belajar, dengan sendirinya anda akan menjadi lebih baik dari orang lain! karena satu hal yang pasti gan ! pengetahuan bisa merubah nasib anda ;)

4-Berhenti Berbohong kepada diri anda!

Hal ini memang sulit untuk di lakukan, bahkan saya pun terkadang suka berbohong! tapi kalau kita terlalu sering berbohong pada diri kita! pastinya hal tersebut tidak akan sehat! kalau kita saja sering berbohong ada kemungkinan bahwa nasib kita pun akan bohong kepada.

5-Maafkan Orang lain!

Melakukan hal ini memang tidak mudah! apa lagi jika orang tersebut sudah banyak melakukan kesalahan fatal! tapi tahukah anda gan, bahwa di setiap kejadian ada dua mata sisi cerita! :) yap, bisa saja dia melakukan kesalahan fatal tersebut, karena mempunyai alasannya tersendiri! memaafkan bukan berarti melupakan! that's the best thing that we can give! dan yang tidak kalah penting adalah, maafkan diri anda sendiri karena anda tidak bisa mencapai apa yang benar-benar anda inginkan! tapi jangan maafkan diri anda ketika anda tidak berusaha sama sekali! karena pada dasarnya, Anda mendapatkan sesuatu atas apa yang anda usahakan

6-Berpikir Rasional

Berpikir rasional dalam keadaan apa pun adalah langkah yang terbaik yang bisa anda lakukan! karena jika tidak! kita akan terus menerus kesalahan yang lebih besar, terutama pada saat kita emosi dengan kata lain, apa pun yang terjadi, tetap gunakan akal sehat 

7-Coba untuk mengubah apa yang bisa, dan bukan apa yang di luar kendali anda!

Terkadang kita coba untuk mengubah orang lain dengan memberikan beberapa saran dan tips! tapi sayangnya hal tersebut sangat sulit, karena pastinya mereka adalah mereka, setiap manusia unik, dan terkadang tidak bisa berubah hanya dengan beberapa tips dan trik yang kita berikan! so, jangan coba untuk ubah mereka, tapi ubahlah diri kita sendiri. 

8-Jangan Tunggu untuk mengubah hidup anda! lakukan hari ini, mulai dari sekarang!

Jika anda ingin mengubah nasib anda, kenapa harus menunggu! jika mungkin detik ini juga! ubahlah apa yang bisa anda ubah, agar masa depan kehidupan anda bisa menjadi lebih baik ! memang harus di akui bahwa tidak semua harus dirubah! ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi trademark(ciri) anda! selama hal yang ingin kita ubah demi kebaikan! kenapa tidak

9-Tersenyum lah pada apa yang anda miliki saat ini!

Lebih baik bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini, ketimbang membandingkan dengan orang lain yang ada di atas,  kita! sikap seperti itu, tidak akan membantu anda sama sekali! Nikmati apa yang anda miliki saat ini, keadaan anda saat ini! :) dan satu hal yang pasti! untuk menjadi orang besar, anda tidak perlu melakukan sesuatu yang besar! tapi lakukanlah apa yang anda bisa dengan sangat-sangat baik!karena dengan demikian anda akan menjadi yang terbaik di antara miliar an manusia! Mungkin saat ini dunia tidak bisa menilai anda dengan adil! tapi percayalah, suatu hari nanti dunia akan menyadarinya.


Ditulis Oleh: Gerardin Ferrari
Lahir: Jakarta 08 Januari 1993
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta
Prodi Ilmu Hukum



Rabu, 19 Oktober 2016
Editor: Ginanda