KPU Akan Perpanjang Durasi Debat Cagub-Cawagub DKI

SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- KPU Provinsi DKI Jakarta akan memperpanjang durasi debat kedua cagub-cawagub pada hari Jumat, 27 Januari pekan depan. Durasi debat akan ditambah 30 menit sehingga total menjadi 2 jam.

"Kalau dari segi waktu, evaluasinya waktu terlalu singkat. Kemarin 90 menit, sekarang akan dibuat 120 menit," ujar Ketua KPU Sumarno usai diskusi 'Antara Survei dan Realitas' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1/2017).

KPU menurut Sumarno sudah berkoordinasi dengan masing-masing pasangan calon yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

KPU juga sudah menentukan panelis yang nantinya bertugas menyusun pertanyaan seputar tema reformasi-birokrasi, pelayanan publik dan penataan kawasan kota.

"Sekarang sudah dilakukan sejumlah persiapan untuk debat ini. Rapat koordinasi pun sudah dilakukan," imbuh Sumarno.

Sebelumnya pada debat pertama dengan tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta, Jumat (13/1), KPU membagi 6 sesi debat.
Debat dibuka dengan pengenalan masing-masing pasangan calo dan dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi dan program kerja.

Setelahnya debat berlangsung dengan sesi menjawab materi pertanyaan panelis dan tanya jawab antara ketiga pasangan calon. Durasi debat pertama terbagi atas 90 menit debat dan 30 menit commercial break.