Sebagian Massa Sudah Merapat ke Istiqlal untuk Ikuti Aksi 112

SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Sejumlah massa dari luar Jakarta mulai memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka akan menginap untuk melaksanakan aksi 112 yang akan digelar besok pagi.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 19.23 WIB, Jumat (10/2/2017), sejumlah massa mulai mendatangi Istiqlal, Jl Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat. Rata-rata mereka datang menggunakan angkutan umum.

"Kita mau jihad besok," ujar Ari (14), warga Cidahu Sukabumi, saat ditemui di lokasi.

Ari datang bersama 4 temannya yang masih duduk di bangku SMP. Dia menumpang bus dari Sukabumi ke Bogor lalu naik KRL sampai Sawah Besar dan langsung menuju Istiqlal. Ari juga bawa pakaian ganti dan kardus untuk dijadikan alas tidur.

"Kita akan nginap di sini buat besok," ucapnya.

Rohim, asal Kuningan, Jawa Barat, juga akan menginap di Istiqlal. Dia datang ke Jakarta seorang diri untuk mengikuti aksi 112 besok.

"Saya datang sendiri ke sini naik bus, besok teman-teman saya menyusul," ujar Rohim.

Rohim tahu besok sudah ada imbauan dari polisi untuk melaksanakan zikir di Masjid masing-masing. Namun dia tetap berniat untuk melakukan aksi 112.

"Saya intinya mau ikut aksi besok," ujarnya.

Sedangkan seorang petugas penjaga Masjid Istiqlal mengatakan situasi Jumat ini memang lebih ramai dari hari Jumat lainnya. "Memang beda dengan suasana Jumat biasa, ini lebih ramai. Tapi nanti akan kelihatan perbedaan mana jamaah yang datang dengan jamaah asli sini sekitar pukul 24.00 WIB," ucap penjaga tersebut.