Rommy Ajak Ulama Berdakwah Melalui Media Sosial


SUARA INDEPENDEN.COM- Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy menyebut saat ini media sosial (medsos) mempunyai pengaruh sangat besar dalam kehidupan masyarakat karena bisa membuat orang mudah terkenal serta bisa menyampaikan pesan secara massif.

Oleh karena itu, putra dari pendiri Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama (IPNU) almarhum KH Tolchah Mansor ini berharap para tokoh agama dan kalangan santri bisa memanfaatkan medsos untuk berdakwah karena mampu menjangkau masyarakat lebih besar dan wilayah yang lebih luas.

"Saat dai menyampaikan dakwahnya melalui medsos, baik itu Youtube ataupun Facebook dan lainnya, mereka bisa menyampaikan pesannya ke ribuan bahkan jutaan jemaah. Jumlah jemaah yang sebesar itu tentu akan sulit dicapai jika hanya ceramah di lapangan atau di tempat ibadah," kata Rommy, dalam keterangan tertulis, Rabu (19/9/2018).


Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan kepada jajaran pengurus DPC PPP se-Kalimantan Tengah di Jakarta, Rabu (19/9). Menurutnya, para dai yang berdakwah di medsos selain mudah dikenal, juga berpotensi menjadi tokoh rujukan bagi umat. 

Apalagi dakwah yang disampaikan di medsos bisa diputar kapan saja, sesuai waktu senggang yang dimiliki netizen. Selain itu, para netizen bisa memilih tema dakwah sesuai dengan kebutuhan mereka.


Rommy meminta, jika memang ada dai atau kyai tidak familiar dengan internet, para santrinya bisa berinsiatif untuk merekam dakwah sang kiai guna disebarkan melalui medsos.

"Saat ini media sosial mempunyai peranan cukup besar. Sehingga kita juga perlu familier dengannya agar bisa menyampaikan pesan-pesan berisi kebaikan ke masyarakat yang lebih luas," pungkas Rommy.




Kamis, 20 September 2018
Jurnalis: Ridwan
Editor: Imron