3.824 Polisi Disiagakan Untuk Pengamanan Pilkada Serentak di Sumut


SUARA INDEPENDEN.COM- Untuk menciptakan suasana aman selama masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah Sumatera Utara, sebanyak 3.824 personel Polda Sumut disiagakan.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan, ribuan personel disiagakan.


"Ada ribuan personil disiagakan untuk pengamanan," ujarnya, Rabu (9/9/2020).

Lanjut Nainggolan, para personel yang diturun dalam pengamanan terdiri dari Polda Sumut, Dit Samapta Polda Sumut, Brimobdasu, serta polres sejajaran ya


Untuk pengamanan Pilkada kali ini, Polda Sumut fokus terhadap pencegahan Covid-19 dengan meningkatkan protokol kesehatan. Di mana, setiap personel yang bertugas khususnya di PAM TPS akan dilengkapi dengan alat pelindung diri," ungkapnya.

Terkait pemetaan, AKBP MP Nainggolan mengatakan, Polda Sumut juga telah memetakan lokasi rawan kerusuhan di 23 kabupaten/kota yang mengikuti Pilkada Serentak 2020 tersebut.


Tentunya, Polda Sumatera Utara tetap berkordinasi dengan polres jajaran untuk melakukan pengamanan di setiap daerah yang mengikuti Pilkada 2020," sebutnya.

Dalam hal ini, Polda Sumatera Utara berharap kerusuhan yang terjadi pada pilkada yang lalu tidak terulang pada tahun ini.


Dari pengalaman beberapa tahun yang lalu, ada beberapa daerah yang ricuh saat Pilkada. Seperti daerah Nisel, pada pemilu yang lewat terjadi pembakaran kantor KPU," ucapnya.

"Jangan lagi hal-hal seperti itu terjadi lagi, jadi kita berupya untuk mengantisipasi," pungkasnya



Kamis,10 September 2020
Jurnalis: Rizki
Editor: Ari S