GMNI Bogor: Menggelar Aksi Memperingati Sumpah Pemuda

Foto: Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI), Menggelar Aksi Damai di tugu kujanh Bogor.
SUARA INDEPENDEN.COM, Bogor - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016, Jumat pagi (28/10) Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bogor menggelar aksi damai di Tugu Kujang Bogor, Kec. Bogor Tengah Kota Bogor. Sebelum melakukan aksi, puluhan mahasiswa ini berkumpul di Masjid Raya yang kemudian melakukan long march menuju Tugu Kujang. 

Dalam wawancaranya Ketua DPC GMNI Bogor Muharman Arasyd mengatakan, "aksi ini mengangkat tema "MEMBANGKITKAN KEMBALI KARAKTER PEMUDA YANG TELAH HILANG", tema ini diambil dikarenakan matinya pergerakan pemuda sekarang yang menyebabkan para pemuda bersifat tidak peduli terhadap bangsa dan negara".

Aksi damai tersebut diikuti oleh kurang lebih 60 massa aksi yang terdiri dari anggota dan kader GMNI Cabang Bogor. Pada saat melakukan long march para massa aksi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars GMNI, melakukan orasi-orasi, serta memberikan selebaran mengenai Sumpah Pemuda di sepanjang jalan menuju Tugu Kujang. 

Muharman menambahkan "aksi ini untuk menggelorakan kembali semangat pemuda yang mulai redup tergerus oleh arus globalisasi karena kita tahu pemuda mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses persatuan nasional dan pemuda juga ikut berjuang merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan kolonialisme dan imprialisme, pemuda adalah ujung tombak perubahan untuk kemajuan bangsa dan negara dimasa depan". 

“Disini kami ingin menghimbau kepada seluruh pemuda di Indonesia jangan tergerus arus globalisasi dan terprovokasi oleh isu SARA yang sedang berkembang saat ini, pemuda juga harus ikut andil dalam menjaga persatuan nasional dari ancaman oknum-oknum yang sedang memecah belah bangsa ini", tegas Ketua DPC GMNI Bogor tersebut.

Aksi damai yang berlangsung selama satu jam ini mendapat pengawalan dari Kepolisian hingga mereka membubarkan diri dengan kembali long march ke Masjid Raya Bogor.


Sabtu, 29 Oktober 2016
Jurnalis: M. Tarmizi
Editor: Suharno