FKMTHI Wilayah Kalimantan Resmi Dilantik

Foto: Pelantikan Pengurus Wilayah FKMHTI Kalimantan selatan Priode 2017/3018.
SUARA INDEPENDEN.JAKARTA- Kajian Al-Quran dalam berkontribusi terhadap pemeliharaan lingkungan penting untuk terus dilakukan. Banyaknya kejadian sosial yang merusak lingkungan seperti kebakaran hutan dan pencemaran air menjadi salah satu kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia.

"Hal ini menjadi keresahan oleh mahasiswa Tafsir Hadits di Kalimantan. Untuk tetap menjaga lingkungan, Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits Indonesia Wilayah Kalimantan menggelar Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus Wilayah periode 2017/2018. Acara tersebut digelar di Gedung Mahligai Pancasila Kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Acara itu juga diikuti oleh sekitar 700 mahasiswa dan akademisi dari berbagai kampus di Kalimantan.

Tema yang diambil adalah "Kajian Al-Quran dan Hadis serta Kontribusinya Terhadap Kehidupan Lingkungan Sosial". Hadir menjadi narasumber, Ahmad Sagir Dekan Fakultas Dakwah IAIN Antasari Banjarmasin dan Sukarni selaku Wakil Rektor II. Ahmad Sagir mengatakan, "Kerusakan yang terjadi harus dicari penyebabnya, bisa karena manusianya yang tidak belajar, bisa juga karena alamnya yang tidak dijaga." Ungkapnya. 

Setelah acara seminar, dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus wilayah FKMTHI Kalimantan. Fahri Hasan dari IAIN Palangkaraya terpilih menjadi korwil FKMTHI Kalimantan selama satu tahun kedepan. Enok Ghosiyah Sekjen FKMTHI yang juga hadir untuk melantik pengurus wilayah mengungkapkan, "Kalimantan harus menjadi penerang ruh kehidupan, apalagi kampus yang berbasis Islam seperti IAIN ini. Kedepan FKMTHI harus menjadi motor penggerak dalam kajian keilmuan dan penjaga idealisme mahasiswa Tafsir Hadis yang menjadi ruh dalam kehidupan. Semoga kepemimpinan Fahri dapat memajukan FKMTHI Kalimantan kedepan," ujarnya.

Abd. Latif Azzam Wasekjend FKMTHI yang juga hadir mengatakan, "Dengan dilantiknya pengurus baru wilayah Kalimantan, saya harap mampu menjadi salah satu dari kemajuan FKMTHI. Ini jadi bukti bahwa FKMTHI lambat laun akan besar dan akan tambah banyak lagi generasi muda yang tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai Qur'an dan Hadis." Ungkapnya

Panitia mengaku berterima kasih kepada Sekjen dan Wakilnya yang telah hadir di Kalimantan. Setelah acara pelantikan selesai, sore harinya dilanjutkan dengan penutupan sekaligus malam Inagurasi.


Selasa, 7 Marer 2017
Jurnalis: Asso
Editor, M.Tarmizi