Ikatan Sarjana Peduli Pendidikan Kuansing Provinsi Riau, Gelar Program Jelajah Pendidikan di Daerah Pendalaman

Foto:  Kegiatan jelajah pendidikan di desa Pangkalan indarung.
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Kegiatan jelajah pendidikan ini dilaksanakan (28-30 April 2017) yang lalu di desa Pangkalan Indarung Kabupaten Kuansing Riau. 

Ide ini tercetus karena kepedulian kita terhadap Pendidikan yang belum begitu tersentuh dengan baik di polosok desa yang ada di pinggir kota besar. 

Sebagaimana dalam Undang-undang telah diatur bahwa semua orang berhak mendapat Pendidikan yang layak untuk warga Indonesia tanpa pengecualian ujar Pebra Heriansyah SP.Mp yang merupakan ketua panitia relawan pendidikan ini. 
Adapun team yang bergerak kelapangan sebanyak 20 orang yang terdiri dari berbagai profesi seperti guru,dosen,pegawai bank,mahasiswa dan penggerak Pendidikan juga kami libatkan. Ungkapnya lagi.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.  Kuansing Drs Azhar MM, beliau sangat apresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ISPP Kuansing ini.

Ketua ISPP Kuansing rizki erlando S.Pd menyampaikan kronologis selama berada di desa Indarung tersebut, bahwa perjuangan sungguh luar biasa mulai dari awal berangkat dengan kondisi jalan yang berlumpur yang membuat mobil yang kami kendarai terjebak lumpur jalanan itu sendiri dan sebagian kawan2 ada juga yang mengendarai Motor untuk sampai ke lokasi," Ujarnya. 

Sekolah SMP N 06 singingi kabupaten kuansing yang dijadikan tempat sosialisi pendidikan tersebut. Adapun agenda kami selama di desa Indarung kami lebih banyak memberikan semangat dan motivasi untuk adik-adik siswa/siswa itu sendiri tentang pentingnya pendidikan,  dan kami juga memutarkan film yang bisa memicu semangat meraka untuk giat belajar dan sekolah serta memberikan sumbangan buku untuk meraka.

Harapan kami kepada pemerintah agar dibangun sekolah tingkat SMA atau SMA kelas jauh, agar adik-adik disana juga bisa menikmati pendidikan layak untuk masa depan nanti," ujar ketua ISPP tersebut melalui rilisnya.

Kegiatan ini juga mendapat aprisiasi dari Arif Cahyadi, S. IP karena menurut dia kegiatan ini merupakan hal  fositif yang harus selalu di galang agar Kuansing bisa mempertahankan budaya pendidikan dan menjadikan kuansing lumbung pendidikan kembali. 

Dari dulu kuansing selalu dikenal sebagai daerah tempat lahirnya pemikir dan tokoh2 yang diperhitungkan di Provinsi Riau maupun tingkat Nasional. 

Dan dia berharap kepada Pemda Kuansing agar segara merealisakan Pendirian Perpustakaan dan arsip daerah Kab. Kuansing Karena dengan adanya perpustakaan di Kuansing merupakan salah satu simbol bahwa pemda dan masyarakat kuansing peduli akan dunia pendidikan tersebut. Tutup Arif Cahyadi yang juga merupakan lulusan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi ini.



Selasa, 2 Mei 2017
Jurnalis: Hamzah
Editor: indah Wahyuni