Jokowi Targetkan Tahun 2020 Indonesia Bebas Campak dan Rubella

Foto: Presiden Joko Widodo
SUARA INDEPENDEN. COM- Presiden Joko Widodo mencanangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) hari ini di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dia menargetkan Indonesia akan bebas Rubella pada tahun 2020. 

"Targetnya pada 2020 Indonesia bebas MR. Dan kerjanya harus kita mulai dari sekarang," ujar Jokowi di MTsN 10 Sleman, Selasa (1/8/2017). 

Jokowi menekankan pentingnya imunisasi ini untuk upaya melindungi anak-anak Indonesia sebagai generasi bangsa. Dia menegaskan bahwa penyakit ini berbahaya dan tidak boleh diremehkan. 

"Di Indonesia masih kurang dari 1 persen yang sudah mendapatkan imunisasi MR. Idealnya lebih dari 95 persen anak-anak yang harus dapat imunisasi. Ya harusnya 100 persen," imbuhnya. 

Menurutnya, upaya perlindungan terhadap anak Indonesia dengan imunisasi bukan hal yang baru. Dia mengingatkan sebelumnya ada imunisasi cacar, polio dan tetanus yang telah berhasil dilaksanakan. 

"Saya percaya sekarang dengan niat yang baik dilaksanakan dengan baik imunisasi MR untuk melindungi hak anak Indonesia. Saya serukan anak usia 9 bulan sampai kuran dari 15 tahun untuk dapat imunisasi MR," ujarnya. 

"Pada semua kementerian dan yang terkait (untuk) turun ke masyarkat. Jelaskan ke orang tua, ke sekolah, ke pesantren, ke madrasah, bahwa imunisasi baik dan sangat diperlukan untuk anak-anak kita. Gandeng sekolah, gandeng madrasah, gandeng pesantre, dan orang tua untuk menyukseskan ini," seru Jokowi.



Selasa, 01 Agustus 2017
Jurnalis: Hamzah
Editor: M. Rifai