Gerakan Indonesia Tersenyum


SUARA INDEPENDEN.COM- Melayangkan senuman merupakan aktivitas yang ringan, bahkan tidak perlu modal sama sekali untuk melaksanakannya.Sampai sampai Rasulullah bersabda  Tersenum di hadapan saudaramu adalah merupakan sedekah.


Namun sangat disayangkan akhir akhir ini sebuah senyuman menjadi hal yang mahal dan susah di lakukan, berbagai hal penyebabnya di antaranya tidak bisa menerima pilihan yang berbeda, rutin mengkonsumsi berita hoax bahkan semakin di pedomani, daya stress dan dipresi yang berlebihan dan tak terkendali.Hal ini tentunya akan menjadi pemicu terjadinya konflik sosial.


Semakin di perparah lagi gejala konflik sosial tersebut sudah mewabah keseluruh lapisan masyarakat bangsa ini, para pejabat dan politikus yang menggapai dan mempertahankan jabatan dengan berbagai cara, para orang tua yang asik dengan kesibukannya, anak anak yang semakin liar yang berprilaku akhir kahir ini tidak masuk akal tawuran bahkan sampai membunuh dikarenakan hal hal yang sepele.


Maka gerakan melayangkan senyuman adalah merupakan langkah solusi dini untuk meredam konflik sosial yang efektif, karena senyuman yang di layangkan tentunya merupakan aura positif dan optimis.Sehingga orang lain yang menerima senyuman dari kita akan turut berfikiran positif dan optimis pula.




Ada beberapa hal kenapa senyuman harus di galakkan untuk menjadi suatu gerakan bagi masyarakat bangsa ini  :

1. Sebuah senyuman merupakan aktivitas yang bernilai sedeqah dan pahala.Dengan demikian sebanyak mungkin senyuman yang kita lakukan maka akan sebanyak itu pula catatan pahala yang tercatat untuk kita.

2. Meredam konflik.Ketika kita melayang senyuman kepada seseorang maka yang terlampang adalah aura positif dan optimis dengan demikian karena di awali dengan kebaikan maka hasil yang diperoleh kebaikan pula.

3. Dapat menenangkan hati yang penuh amarah baik bagi orang lain maupun diri sendiri.

Sebagai praktisi pendidikan penulis merasakan bahwa melayangkan senyuman merupakan aktivitas luar biasa untuk meredam konflik sosial, maka tidak ada salahnya kita lakukan sebagai suatu gerakan yang masiv bagi masyarakat bangsa ketika bertemu, ketika menyapa, bahkan ketika kita bermedia sosial agar senantiasa tersenyum dan senantiasa mengirim logo dan gambar senyuman agar terhindar dari salah paham.Semoga bermanfaat untuk perubahan bagai bangsa Indonesia.



Ditulis Oleh: Rita Erawati

Rabu, 01 Agustus 2018
Editor: M Rifai