Penyambutan Kapolda Sumut: di Lakukan Pake Adat Melayu

Foto: Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi, Menyambut  Kapolda Sumut irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel, M.Si
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi menyambut kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol DR H Rycko Amelza Dahniel, M.Si  beserta Istri Hj Ningrum saat tiba di Bandara Kualanamu, Jumat (14/10). Rycko baru ditugaskan sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Drs R Budi Winarso.

Penyambutan Kapolda Sumut dilakukan dengan adat istiadat melayu. Ditandai dengan pemakaian seperangkat pakaian adat  Melayu berupa songket dan tengkuluk oleh Gubsu dan Bupati Deli Serdang Azhari Tambunan. Sementara itu, Ketua TP PKK Provsu Evi Diana bersama Ketua TP PKK Deli Serdang mengenakan pakaian adat kepada Ny Ningrum Rycko.

Setelah menyaksikan tari persembahan, Kapolda Sumut dan istri mengikuti prosesi berikutnya yaitu Tepung Tawar. Gubsu mendapat kesempatan pertama melakukan tepung tawar Kapolda beserta istri yang merupakan bagian istiadat ungkapan doa dan mohon keselamatan.  

Turut memberikan tepung tawar dalam kesempatan itu Bupati Deli Serdang, Wakil Kapolda Sumut, Sultan Serdang Sri Sultan Tuanku Achmad Thalaa, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan unsur FKPD Provsu.

Dalam sambutannya, Gubernur atas nama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan masyarakat Sumatera Utara mengucapkan selamat datang dan bertugas. “Selamat datang dan selamat mengabdi di Sumut,” ujar Erry.

Kami, lanjut Gubernur,  menyambut baik kehadiran Kapolda Sumut. Mudah-mudahan bisa saling bahu membahu, membangun provinsi tercinta. “Mudah-mudahan menjadi provinsi terdepan di Indonesia,” ujar Gubsu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Irjen Pol Drs R Budi Winarso  yang sudah bertugas selama 6 bulan sebagai Kapolda Sumut. “Terimakasih kebersamaan dan pengabdian selama ini,” kata Erry.

Sekilas, Gubernur menjelaskan mengenai Provinsi Sumut yang merupakan Provinsi ke empat dengan penduduk terbesar di Indonesia yang mencapai 13,9 juta jiwa. Sumut terdiri atas 33 kabupaten/ kota memiliki kawasan pantai Timur, dataran tinggi, pantai Barat dan serta kepulauan Nias. 

“Mudah-mudahan di Sumatera Utara  ini masih berada dalam kondisi aman dan admai, berkat jalinan komunikasi yang baik yang terbina selama ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa terjalin kerjasama yang semakin baik untuk mensukseskan pembangunan Sumut,” tutup Gubernur


Minggu, 16 Oktober 2016
Jurnalis: Suharno
Editor: Ginanda