Jokowi Akan Undang Tokoh Agama untuk Sejukkan Suasana Pasca Demo 4 November

Foto: Presiden Jokowi, bersama Kabinet kerjanya
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Presiden Jokowi memastikan Indonesia dalam kondisi aman pasca demo 4 November yang berujung ricuh. Presiden Jokowi akan mengundang tokoh politik dan agama untuk menyejukan suasana.

"Kita terus mengundang tokoh-tokoh politik, agama yang kita undang untuk memberikan masukan dalam rangka memberikan rasa sejuk, mendinginkan suasana dan hal-hal seperti itu akan kita lakukan dalam minggu ini," ujar Presiden Jokowi  yang dikutip detik.com saat berinteraksi dengan warga negara Indonesia di Sydney melalui video conference di Istana Bogor, Minggu (6/11/2016).

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa situasi sudah aman terkendali, termasuk stabilitas politik. Sehinggga masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. 

"Ketika yang berkaitan dengan situasi kondisi keamanan di Tanah Air, saya sampaikan aman. Stabilitas politik tidak ada masalah sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi masih diperlukan konsolidasi politik dan konsolidasi kenegaraan," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi kondisi perekonomian juga berjalan seperti biasanya. Jokowi kembali menegaskan bahwa negara memberikan ruang bagi masyarakat untuk berdemonstrasi, namun dengan cara yang tertib dan damai. 

"Sehingga ke depan penyampaian aspirasi dilakukan dengan tertib dan damai. Tapi kalau sudah masuk pelanggaran hukum, saya pastikan aparat keamanan, kepolisian akan melakukan penegakan hukum dengan tegas," pungkasnya.

Video conference digelar di Istana Bogor. Jokowi berbicara kepada sejumlah WNI yang berkumpul atas inisiasi Dubes Nadjib Riphat.


Minggu, 6 November 2016
Jurnalis: Indah Wahyuni
Editor Ginanda