HM-MADINA JAKARTA: Berorganisasi Proses Belajar Non-SKS diluar Kampus

Foto: Peserta paboa Ma Madina, Himpunan Mahasiswa Mandeling Natal Jakarta (HM- MADINA).
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Ridwan Afandi Nasution merupakan senior sekaligus salah satu pendiri HM-MADINA Jakarta di Tahun 2007, dia mengatakan bahwa acara Paboa Ma Madina ini sangat strategis, penting untuk di jadikan moment belajar, melatih dan saling kenal–mengenal satu dan lainnya. Dari yang tak kenal menjadi kenal, inilah salah satu tujuan dari acara Paboa Ma Madina. di Jl.Raya Ciloto, Pucak, Gg. Cangkuang, RT/RW 003/001 Desa Cilotok Puncak- Sabtu ( /7/1/2017).

Manejemen organisasi kepemimpinan (MOK)-salah satu Materi yang disampaikan dalam acara tersebut.

Manejemen adalah Sebuah Proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama-sama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi. 

''Tentu kita sebagai Mahasiswa Mandailing Natal harus siap berkordinasi antara yang lain. Sehingga terciptanya komunikasi (hubungan) yang baik. Kita sama-sama mengetahui bahwa orang Mandailing Natal itu beragam marga dan Raja, susah untuk diatur karena raja semua. Akan tetapi inilah tantangan kita untuk menyatu-padukan,"Ujar Ridwan.

Heheh iya juga memang kita orang mandailing natal ini beragam Marga, ada Lubis, Nasution, Batubara, Matondang, Hasibuan, Rangkuti, Pulungan, raja semua," kata Muhammad Yakub Batubara (Ketua Pelaksana )

Didalam organisasi  pasti ada ketua yang terpilih, pemimpin organisasi tugasnya untuk mempengaruhi semua anggotanya untuk saling bekerja sama. Kepemimpinan harus memiliki Kendali Besar, Otoriter, Demokratis. Dan juga didalam organisasi HM-MADINA ada AD/RT, sebuah peraturan yang harus di patuhi,supaya terciptanya kedamaian. Kalau tidak ada AD/ART itu sama saja seperti perkumpulan arisan, karena ini adalah organsasi harus mempunyai lembaga hukum untuk menguatkan," Ridwan

PABOA MA MADINA nama kegiatan HM-MADINA JAKARTA, pesertanya mahasiswa yang berasal dari Mandailing Natal dan melanjutkan berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Jakrta dan sekitarnya seperti UIN, TRISAKTI, UMJ,UNPAM, POLTEKES, BSI, UI, UHAMKA, UNAS, Universitas Pancasila.

Acara tersebut di hadiri oleh senioran, Muhammad Syarif S.HI (Pendiri-Sekaligus Ketua HM-Madina Pertama), Arif Subhan Nasution S. Pd.I(Ketua HM-Madina Priode Ke-3), Khoirul Wahyu S.E (Pendiri), Ridwan Afandi Nasution (Pendiri). Nama-nama inilah yang berpotensi-kontribusi yang tak pudar untuk generasi penerus HM-MADINA JAKARTA.

Lebih dari ini kami tak lupa dukungan oleh Masyarakat Mandailing Natal, Komunitas yang ada di Jakarta seperti ;
IKANAS, HIMA LUBIS, PERSATUAN RANGKUTI, CAFE MANDAILING, SAHABAT KOPI, PKN, LANGGENG JAYA, Komunitas inilah yg ikut serta berkontribusi untuk terselenggaranya acara Paboa Ma Madina, Himpunan Mahasiswa Mandailing Natal Jakarta.

Selain ini juga di hadiri para tamu undangan dari organisasi primordial yang bersal dari Sumatera Utara antara lain: KMSU, HIMAPALAS, HIMLAB, KOMPAS, IKMAMADINA.

Saya selaku ketua HM-MADINA sangat berterima kasih dan mangapresiasi atas kehadiran senior dan kawan-kawan dari organisasi primordial yang hadir di tempat (Aula) yang penuh bahagia," Ujar Sahrul Iman Rangkuti.

Alhamdulillah acara Paboa Ma Madina, Himpunan mahasiswa mandailing Natal Jakarta berjalan dengan baik dan sukses. 

Semoga ini bukan akhir untuk kita bertatap muka, jiwa, pikiran. Tantangan kita sebenarnya habis acara ini, langkah apa yang harus kita lakukan setelah ini," tutup Sahrul Iman Rangkuti (Ketua Umum HM-MADINA JAKARTA).


Selasa, 10 Januari 2017
Jurnalis: M.Yakub
Editor: Asso