Bupati Kuansing: Pimpin langsung Ekpose Kesiapan Menerima Penghargaan Adipura tahun 2017

SUARA INDEPENDEN. COM, JAKARTA- Bupati Kuansing, H Mursini ekposes kesiapan agar kota Teluk Kuantan mendapat penghargaan Adipura tahun 2017.

" Ekposes dilakukan didepan tim penilai Adipura pusat pada sabtu (10/6/2017) di hotel Sultan Jakarta jam 10 pagi. Yang di pimpin langsung Bapak Bupati kita H. mursini, M.Si,," katanya kadis lingkungan hidup Jeprinaldi,  AP. 

Selain Kab. Kuansing ada 128 Bupati dan Walikota  se-Indonesia yang akan ekpose kesiapannya untuk menerima penghargaan adipura tahun 2017. 

"Diketahui, dari Riau hanya empat yaitu kota Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Kuansing,"ujarnya.

Ada sekitar 129 kabupaten dan kota di Indonesia akan bersaing meraih Adipura tahun 2017 ini.

Pada kesempatan ini Bupati akan memaparkan gambaran umum Kuansing. Mulai dari Visi geo strategis Kuansing. Visi dan Misi Kuansing. Visi dan Misi Kuansing terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Kuansing. Kebijakan dan program implementasi pembangunan berkelanjutan Kuansing dan pembangunan lingkungan hidup. 

Kemudian isu-isu lingkungan di Kuansing. Kebijakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kuansing. Kebijakan pengendalian kerusakan akibat penambangan.

Sedangkan Untuk kebijakan dan program kegiatan pengelolaan lingkungan hidup akan dipaparkan arah kebijakan lingkungan hidup Kuansing. 
Seperti kegiatan pengelolaan persampahan, anggaran dan permasalahan pengelolaan persampahan dan juga prestasi yang dicapai. 
Seterusnya  Bupati akan memaparkan program inovasi  bidang lingkungan yang sudah dilakukan. Sepert Waste to energi atau program biogas terhadap kelompok peternak sapi di desa Pangkalan Indarung. Waste resource atau program UPPO atau unit pengelolaan pupuk organik oleh  3 kelompok. Pelestarian keanekaragaman hayati lubuk larangan Pangkalan Indarung dan danau Sungai Soriak. Keanekaragaman hayati  hutan adat Teratak Air Hitam serta Green transportation atau penyediaan layanan angkuatan umum murah ( Damri ).

Selanjutnya energi biru atau  program penyediaan PLTS di desa Pangkalan Indarung dan kampung iklim di desa kreatif Tanjung Medang, Pangkalan Indarung, Muara Lembu, Petapahan dan Teratak Air Hitam. Kelompok organik atau kelompok tani Beja Cemerlang. Program sustainable city berupa  program water front city,  program green city, program kampung iklim dan eco office.

Terakhir akan dibeberkan pula penghargaan bidang lingkungan yang pernah diraih Kuansing.  Sertifikat Adipura tahun  2015. Kota terbersih Riau tahun 2004 dan 2011. Lima kali mendapat opini WTP dari BPK.  Adiwiyata Mandiri SMKN 2 Teluk Kuantan. Penghargaan Kalpataru hutan adat Teratak Air Hitam tahun  2004. Sertifikat Kalpatru lubuk larangan Pangkalan Indarung tahun 2005. Kalpataru tingkat provinsi Riau. Sertifikat Proklim yang diraih pos Yandu Permata Bunda kelurahan Muara Lembu tahun 2016. Terbaik kedua SLHD Riau tahun 2014 dan terbaik ketiga SLHD Riau tahun 2015. 

Dan hasil ekpose adipura yang di selenggarakan ini akan diumumkan habis lebaran pada Bulan juli atau aguatus," tutupnya.


Minggu, 11 juni 2017
Jurnalis: Arif Cahyadi
Editor: M.Tarmizi