LSM LIRA: Gagas Polisi Award Bangun Citra Kepolisian

SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) gagas penganugerahan POLISI AWARD untuk membantu membangun citra Kepolisian agar Kepolisian menjadi lebih profesional, modern dan terpercaya. Penganugerahan penghargaan Polisi Award akan dilakukan menjelang HUT Bhayangkara, 1 Juli 2017 di Jakarta

Demikian disampaikan Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal didampingi Sekjen LSM LIRA, Ahmad Hadariy, Wapres Kesra, Ucu Kusmini, Sekab Arfan Lazuardi, Wasekab, Tuty Tukiyati, Humas, Jane Shalimar, Direktur Eksekutif LBH LSM LIRA, Lucky Hasan dan Ketum Pemuda LSM LIRA, Indra Lesmana di Jakarta, kemarin.

Menurut Jusuf Rizal POLISI AWARD merupakan pemberian penghargaan yang dianugerahkan kepada institusi, perorangan, tokoh maupun mitra polri yang turut berperan aktif membantu tugas kepolisian dalam rangka melindungi dan mengayomi masyarakat. Pemberian penghargaan ini diharapkan akan dapat memberi motivasi untuk mendorong reformasi Polri guna membentuk citra Kepolisian yang lebih baik," ujar  Jusuf Rizal ketika Suara independen menghubunginya, Minggu (09/10/2016).

"Berdasarkan survey citra Kepolisian masih dinilai kurang baik. Seperti halnya Dewan Perwakilan Rakyat (legislatif). Untuk itu SDM Polri perlu didorong agar lebih profesional agar kepercayaan masyarakat makin Tinggi terhadap institusi penegak hukum itu," tutur pria yang selama ini dikenal kritis dalam mengawasi kinerja Kepolisian.

LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) merupakan LSM pro pemerintah, tetapi tetap kritis dan independen. LIRA terbentuk tahun 2004 dari embrio Blora Center (Tim Relawan yang dibentuk HM. Jusuf Rizal bersama Sudi Silalahi dukung SBY-JK). Tahun 2005 untuk pertama kali satu-satunya LSM yang berani bongkar dugaan korupsi Alkom, Jarkom dan rekening gendut Pati Polri. Selain itu LSM LIRA tercatat sebagai pengawas independen rekrutmen bintara Polri di Jatim serta beberapa daerah lain

"Sebagai mitra Polri, LSM LIRA merasa turut terpanggil untuk membantu pencitraan positif institusi Kepolisian di masyarakat. Kami memberikan dukungan kepada Kapolri Tito Karnavian untuk melakukan Reformasi ditubuh kepolisian, sehingga nantinya tidak ada lagi keraguan masyarakat terhadap integritas Polri dalam menegakkan hukum," papar Jusuf Rizal yang juga Keluarga besar Kepolisian itu.

Dikatakan sejumlah Pengamat, LSM dan akademisi akan duduk dalam konsorsium dewan juri untuk penganugerahan Polisi Award 2017 nanti. Mereka yang Akan diminta untuk tingkat Nasional antara lain, Prof. Dr. Marsudi Kisworo, M.Sc, DR. Efendy Ghazali, Faruk Muhammad (DPD-RI), Imam Prasadjo, Neta S.Pane (IPW), dll.

Sementara menurut Sekjen LSM LIRA, Ahmad Hadary, penganugerahan Polisi Award juga akan dilakukan di tingkat propinsi. Hasil yang terbaik ditingkat propinsi akan dinilai guna menperoleh nominasi terbaik ditingkat nasional berdasarkan karegori yang telah ditentukan oleh LSM LIRA selaku penggagas dan penyelenggara.



 Minggu, 09 Oktober 2016
Jurnalis: M.Z. Saddam
Editor: Ginanda