Miliki Keberanian

Foto: Gerardin Ferrari
SUARA INDEPENDEN.COM, JAKARTA- Sebelumnya, kita harus memahami hal yang sangat penting, yaitu keberanian. Tanpa keberanian maka anda tidak akan sampai pada visi yang anda tuju. 

Apakah keberanian datang dengan sendirinya? Jawabannya tentu tidak. Manusia yang mempunyai keberanian, maka dia paham dengan pasti apa yang dia inginkan. Dia juga paham betul bagaimana untuk melakukan hal tersebut dan mengetahui dengan pasti kapan harus dilakukan.

Anda ingin mendermakan hidup untuk memberikan pelayanan dan bantuan kepada orang lain. Dengan hal ini, akan memberikan anda keberanian. Apa yang bisa mematahkan keberanian? Satu hal yaitu rasa takut. Rasa takut pasti dilahirkan oleh sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Misalnya takut akan di tertawakan orang. Takut jangan jangan gagal. Bahkan, takut jika kemudian tidak akan berhasil. Ada orang yang berkata, “orang orang tersebut sukses karena korupsi”, “orang-orang yang sukses biasanya jauh dari Allah”, dan “aku takut, jika kesuksesan nantinya membuat diri saya menjadi egois”. Perkataan-perkataan ini tidak benar.

Keberanian harus anda wujudkan dalam tindakan nyata (take action). Inilah yang kita bicarakan sekarang. Inilah kekuatan diri yang jika anda melihat rasa takut, maka anda akan berkata, “Hai rasa takut kamu tidak akan bisa menghentikanku”. Kamu tahu mengapa? Karena kamu adalah sahabatku. Karena kamu adalah petunjukku. Karena kamu bersamaku. Aku tidak akan takut pada kamu bahkan, bahkan aku menghendakimu.”

Ketika itu, maka rasa takut tersebut akan berkata kepada anda,” saya ada dalam kehidupan anda, agar anda bisa berbuat baik, agar anda bisa maju, agar anda menjauhi perilaku-perilaku yang negatif. Jika anda merokok, maka berhentilah merokok. Sebab, hal itu tidak baik untuk anda.

Keberanianlah yang membuat anda mampu dan bertahan. Jika anda tidak memiliki keberanian, maka anda akan takut menghadapi tantangan perubahan zaman.

Setiap perubahan itu mengandung konsekuensi. Sebab, di balik setiap perubahan, ada tanggung jawab yang kita emban. Tanggung jawab untuk memperbaiki keadaan yang kurang sesuai dengan yang kita diharapkan. Tanggung jawab untuk mengubah kondisi yang kurang baik menjadi lebih seperti yang diinginkan.

Keberanian untuk menghadapi keadaan apa pun dalam hidup adalah sebuah modal utama dalam meraih sukses sehingga bisa menghadapi perubahan kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Sekarang dan masa yang akan datang dibutuhkan orang-orang muda yang berani, inovatif, energik, dan siap menghadapi tantangan hidup. Apakah anda mampu? Jawabannya ada dalam diri masing-masing.

Setiap kesuksesan yang ingin kita capai menuntut keberanian. Seberapa besar keberanian Anda menghadapi resiko, kesulitan dan tantangan yang datang akan menentukan seberapa besar kehidupan yang akan anda capai.

Dengan kata lain, semakin besar sukses yang anda inginkan, memerlukan semakin besar keberanian menghadapi resiko dan tantangan yang datang.

Untuk mencapai kesuksesan diperlukan keberanian secara terus menerus untuk mempelajari kelemahan kita dan berfokus pada kekuatan yang ada dalam diri kita. Jika anda bertahan pada proses tersebut maka anda berada pada tahap yang benar.

Mari, hadapi perubahan dengan kekuatan dan kelapangan hati. Sehingga, setiap perubahan yang dialami akan lebih berarti.

Ditulis Oleh: Gerardin Ferrari
Lahir: Jakarta, 08 Januari 1993
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta
Prodi: Ilmu Hukum


Rabu, 11 Januari 2017
Editor: Ginanda