Ok Institute: Semua Klub Harus Memberikan BHD Kepada Pemain Dan Official


Foto: Choirul Huda. 

SUARA INDEPENDEN. COM- Saat ini dunia sepak bola dihebokan oleh kematian panjaga gawang persela lamongan. Berita kematian Choirul Huda telah menjadi pemberitaan media international. Pemain dunia Paul Labile Pogba atau yang lebih dikenal Pogba menuliskan “Turut Berduka Cita Choirul. Do’a saya untukmu dan keluargamu” di akun twitter pribadinya.

Menurut Arman Darmawan, Direktur Utama Olahraga dan Kesehatan Institute (OK_Institue) mengatakan, “kejadian seperti ini tidak boleh terjadi lagi dalam dunia olahraga, kematian Choirul Huda disebabkan  trauma benturan sehingga mengalami henti napas dan henti jantung, hal ini tidak akan terjadi apabila ditangani dengan cepat dan benar," Ujar Arman Darmawan, Ke suara independen, Kamis, (19/10/2017). 

Lanjut Arman, “ setiap klub yang berkompetisi di Liga 3, 2 bahkan liga 1 gojek traveloka harus mengadakan edukasi kepada pemain untuk mengatasi apabila terjadi kasus yang sama, agar nyawa pemain yang mengalami cedera dapat diselamatkan, saya yakin banyak pemain yang tidak mengetahui tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD), semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi, " Ungkapnya. 


Diketahui, Kejadian serupa pernah terjadi ketika kiper Persegres Gresik United, Aji Saka dan Striker Atletico Madrid, Fernando Torres.  Nyawa keduanya diselamatkan oleh rekan sesama pemain, baim itu satu tim maupun tim lawan. 




Kamis, 19 Oktober 2017
Jurnalis: Ahman
Editor: M. Rifai